Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Pemberdayaan Psikologi, Berbagi Pengetahuan, HR Competence, Persepsi Dukungan Organisasi dan SDM Bertalenta terhadap Literasi Digital secara langsung maupun tidak langsung pada Sektor Pendidikan di Jawa Barat. Sampel penelitian 320 responden fasilitator dan akademisi , untuk fokus grup diskusi (FGD) dihadiri oleh Kominfo, Fasilitator Pandu Digital dan Akademisi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan fokus grup diskusi (FGD). Teknik analisis data menggunakan analisis Structural Equation Modeling (SEM) yang diolah dengan software Smart PLS versi 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Pemberdayaan Psikologi berpengaruh terhadap SDM Bertalenta, variabel Berbagi Pengetahuan berpengaruh terhadap SDM Bertalenta, variabel Persepsi Dukungan Organisasi berpengaruh terhadap SDM Bertalenta, variabel HR Competence berpengaruh terhadap SDM Bertalenta, variabel Pemberdayaan Psikologi berpengaruh terhadap Literasi Digital, variabel Berbagi Pengetahuan berpengaruh terhadap Literasi Digital, variabel Persepsi Dukungan Organisasi tidak berpengaruh terhadap Literasi Digital, variabel HR Competence berpengaruh terhadap Literasi Digital dan variabel SDM Bertalenta berpengaruh terhadap Literasi Digital. Adapun hasil penelitian analisa strategi melalui tahapan strategi input stage dengan IFE & EFE matching stage dengan TOWS dan decision stage dengan QSPM maka strategi yang digunakan dari hasil QSPM Strategi Strategi Meningkatkan Pengembangan SDM Bertalenta Fasilitator Pandu Digital dan Strategi Pembentukan Platform Berbagi Pengetahuan Literasi Digital.
Copyrights © 2025