Bada'a: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 7 No. 1 (2025): Badaa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

Pengembangan Media Pembelajaran Magic Shapes Pada Materi Bangun Datar Kelas IV SD Negeri 11 Payaraman

Aulia Muslimah (Unknown)
Ramanata Disurya (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Media Pembelajaran Magic Shapes pada materi bangun datar kelas IV SD yang valid, praktis dan efektif media pembelajaran yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluation). Objek penelitian ini merupakan kualitas media pembelajaran magic shapes pada materi bangun datar kelas IV SD yang dikembangkan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket validasi ahli, angket respon siswa, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diperoleh 91,66% ahli media, 93,33% ahli materi, 86,66% ahli bahasa, sehingga media pembelajaran magic shapes dikategorikan sangat valid dengan revisi. Angket respon siswa mendapatkan hasil yaitu untuk one to one (perorangan) 86,73% dan untuk kelompok kecil (small group) 90,00% sehingga media pembelajaran magic shapes dianyatakan sangat praktis. Tes soal mendapatkan hasil yaitu untuk kelas IV 88,47%, sehingga media pembelajaran magic shapes dinyatakan efektif. Maka dengan demikian, media pembelajaran magic shapes pada materi bangun datar sangat layak digunakan pada saat proses belajar mengajar di SD. Kata kunci: Media Pembelajaran; Magic Shapes; pada materi bangun datar

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

badaa

Publisher

Subject

Education Other

Description

Badaa: Jurnal Pendidikan Dasar terbit sebagai sarana publikasi hasil pemikiran kritis dan ilmiah bagi semua kalangan dalam lingkup pendidikan dasar yang berisi gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, tulisan praktis serta hasil penelitian pendidikan dan pengajaran sekolah dasar. ...