Bada'a: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 7 No. 2 (2025): Badaa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

Analisis Kebutuhan Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar Melalui Penggunaan Media AI Canva Pada Materi Perkalian

Sundari, Ika Putri (Unknown)
Taufiqulloh (Unknown)
Yoga Prihatin (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menilai kebutuhan dalam pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar melalui pemanfaatan media AI Canva pada materi perkalian. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang dilakukan di beberapa sekolah dasar di Jakarta. Data diperoleh melalui wawancara dengan guru matematika, observasi di kelas, serta kajian terhadap dokumen pembelajaran yang ada. Temuan penelitian mengindikasikan bahwa penggunaan media AI Canva dapat membantu siswa dalam memahami konsep perkalian secara lebih efektif, dengan menyajikan materi secara visual yang menarik dan interaktif. Respon dari guru dan siswa terhadap media ini cenderung positif, karena dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini menyarankan agar pengembangan media pembelajaran berbasis AI terus diperluas, khususnya dalam konteks pembelajaran matematika di sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

badaa

Publisher

Subject

Education Other

Description

Badaa: Jurnal Pendidikan Dasar terbit sebagai sarana publikasi hasil pemikiran kritis dan ilmiah bagi semua kalangan dalam lingkup pendidikan dasar yang berisi gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, tulisan praktis serta hasil penelitian pendidikan dan pengajaran sekolah dasar. ...