Bada'a: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 7 No. 1 (2025): Badaa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi “Nusantara” Pada Materi Kekayaan Budaya Indonesia Kelas IV Di MI Al-Maarif 02 Singosari

Nisa, Robihatun (Unknown)
Nulinnaja, Ratna (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2025

Abstract

Minimnya inovasi dalam memanfaatkan media pembelajaran oleh guru selama proses pembelajaran berdampak pada menurunnya antusias siswa dalam belajar. Media pembelajaran memegang peran krusial dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran, terutama era digital saat ini yang menuntut penggunaan media yang lebih interaktif dan menarik. Salah satu solusi efektif dalam mengatasi permasalahan tersebut yakni memanfaatkan media pembelajaran berbasis video animasi. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan media berbasis video animasi nusantara yang valid dan mengetahui kemenarikan media berbasis video animasi nusantara pada materi kekayaan budaya Indonesia kelas IV di MI Almaarif 02 Singosari. Penelitian ini mengadopsi pendekatan Research and Development (RnD) dengan menerapkan model Borg and Gall yang terdiri dari enam tahapan yang telah disederhanakan akibat keterbatasan waktu penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media video animasi nusantara termasuk dalam kategori valid dan menarik berdasarkan hasil validasi ahli media, materi, pembelajaran, serta angket respon kemenarikan siswa terhadap media pembelajaran. Diperoleh rata-rata persentase kevalidan 93,3% dan 85,2% respon kemenarikan siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan media pembelajaran berbasis video animasi nusantara valid dan menarik digunakan oleh siswa kelas IV-A di MI Almaarif 02 Singosari.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

badaa

Publisher

Subject

Education Other

Description

Badaa: Jurnal Pendidikan Dasar terbit sebagai sarana publikasi hasil pemikiran kritis dan ilmiah bagi semua kalangan dalam lingkup pendidikan dasar yang berisi gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, tulisan praktis serta hasil penelitian pendidikan dan pengajaran sekolah dasar. ...