Darris: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Vol 8, No 1 (2025): APRIL

MEMBANGUN IKATAN EMOSIONAL GURU DAN WALI KELAS SERTA MURID DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD ISLAM TERPADU AL HIKMAH KOTA BANJARMASIN

Surawardi, Surawardi (Unknown)
Zaky, Muhammad (Unknown)
Salsabila, Salsabila (Unknown)
Aryadi, Surya Danang (Unknown)
Tiara, Tiara (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jun 2025

Abstract

Abstract: This study is based on the differences in the character of each individual teacher and student in building emotional bonds. So that in rebuilding the emotional bond, the teacher as a central figure in the learning process has a very important role in creating comfortable and enjoyable learning conditions. The author is interested in examining how the role of a teacher in building emotional bonds in Al Hikmah Islamic Elementary School. The method used is a qualitative approach, the data collected in this study is verbal, namely, data obtained through conversation and questions and answers with a sample of 2 informants. The results of the study stated that teachers as the main figures in schools have a very important role in creating comfortable learning conditions, an effective learning process in order to achieve the desired learning goals. For this reason, teachers need to rebuild emotional bonds with students for the sake of smooth learning processes. From the research conducted, teachers and homeroom teachers took a permissive approach such as implementing learning methods that children like. Keywords: A Permissive Approach, Building, Emotional Bonds. Abstrak: Penelitian ini didasarkan pada perbedaan karakter setiap individu guru dan siswa dalam membangun ikatan emosional. Sehingga dalam membangun kembali ikatan emosional tersebut guru sebagai sosok sentral dalam proses pembelajaran mempunyai peranan yang sangat penting dalam menciptakan kondisi belajar yang nyaman dan menyenangkan. Penulis tertarik untuk meneliti   bagaimana peranan seorang guru dalam membangun ikatan emosional di SD Islam terpada Al Hikmah. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, data yang dikumpulkan dalam penelitian ini bersifat verbal yakni, data yang diperoleh melalui percakapan dan tanya jawab dengan sampel 2 orang informan. Hasil penelitian menyebutkan bahwa guru sebagai tokoh utama di sekolah memiliki peranan yang sangat penting dalam menciptakan kondisi belajar yang nyaman, proses belajar yang efektif agar tercapainya tujuan pembelajaran yang diinginkan. Untuk itu guru perlu membangun kembali ikatan emosional dengan murid demi kelancaran dalam proses pembelajaran. Dari penelitian yang dilakukan yang mana guru dan wali kelas melakukan pendekatan permisif seperti menerapkan metode-metode belajar yang disukai anak. Kata Kunci: Ikatan Emosional, Membangun, Pendekatan Permisif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

darris

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Darris: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah adalah jurnal yang membahas tentang kajian kritis baru pendidikan dasar, dan mengkaji dinamika pembelajaran anak di tingkat dasar (Madrasah Ibtidaiyah). Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah seperti analisis kompetensi, strategi pembelajaran, teori ...