Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi keterampilan variasi mengajar guru Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MI Humaira’ Kota Bengkulu. Pembelajaran SKI di Madrasah Ibtidaiyah penting untuk menanamkan nilai keteladanan dan karakter peserta didik, yang bergantung pada kemampuan guru dalam menerapkan variasi mengajar secara efektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, serta data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap guru SKI, kepala madrasah, dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi mengajar meliputi lima dimensi: metode, media, interaksi, pengelolaan kelas, dan gaya mengajar. Meskipun terdapat upaya penggunaan metode dan media beragam, implementasinya terkendala oleh dominasi ceramah dan keterbatasan teknologi. Temuan ini merekomendasikan peningkatan pelatihan, penyediaan media yang memadai, dan penguatan kreativitas guru untuk menciptakan pembelajaran SKI yang interaktif dan bermakna.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025