Pengelolaan usaha produk UMKM di Desa Wates Jaya masih menemukan berbagai permasalahan pada pemasaran. Pemasaran produk masih tradisional, mengandalkan mulut ke mulut dan mengikuti pameran bazar yang diselenggarakan oleh pemerintah kecamatan. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk mengembangkan pemasaran dalam meningkatkan pendapatan usaha produk UMKM di Desa Wates Jaya Kecamatan Cigombong. Metode pelaksanaan yang diterapkan dalam kegiatan ini meliputi metode pelaksanaan pendekatan partisipatif, pendekatan kelompok, pendekatan individual, metode ceramah, dan metode diskusi. Adapun tahapan pelaksanaan kegiatan ini meliputi tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi pelaksanaan. Hasil kegiatan pengabdian yang telah dilakukan dalam rangka pengembangan pemasaran produk UMKM dalam peningkatan pendapatan usaha di Desa Wates Jaya Kecamatan Cigombong mendapatkan hasil yang cukup baik. Hal ini terlihat pada peningkatan pengetahuan dan pemahaman pelaku UMKM terhadap desain promosi produk dengan perbandingan hasil pre-test dan post-test sebesar 38%, peningkatan keterampilan pelaku UMKM dalam penggunaa.n media digital yang dimanfaatkan untuk produk UMKM meningkat dari 48% menjadi 89%, dan peningkatan konten media social pelaku UMKM untuk mengenalkan produk UMKM secara lebih luas.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025