caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar
Vol. 5 No. 1 (2025): Juni 2025

REVITALISASI SASTRA LISAN: POTENSI CERITA EYANG BATU WANGI SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DI SEKOLAH DASAR

Asmaniah, Zainah (Unknown)
Astiti, Dindha Dwi (Unknown)
Julianti, Dini (Unknown)
Hajar, Dida Siti (Unknown)
Darazat, Noval Muslim (Unknown)
Jaharotul, Regita (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2025

Abstract

Cerita rakyat sebagai bagian dari sastra lisan memiliki peran penting dalam menanamkan nilai budaya dan karakter sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji potensi cerita “Eyang Batu Wangi” sebagai sumber pembelajaran di Sekolah Dasar. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil menunjukkan bahwa sebagian besar siswa dan guru belum mengenal cerita ini, meskipun mengandung nilai-nilai pendidikan karakter yang kuat. Cerita ini dapat diintegrasikan dalam pembelajaran tematik untuk menumbuhkan literasi budaya dan kecintaan terhadap kearifan lokal. Diperlukan pengembangan media ajar berbasis cerita rakyat agar siswa lebih tertarik dan memahami konteks budaya sekitarnya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

caxra

Publisher

Subject

Education Environmental Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Artikel di caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar IPI Garut harus mengikuti fokus dan ruang lingkup jurnal ini. Fokus dan ruang lingkup jurnal ini dimaksudkan agar artikel tersaji sesuai bidang keahliannya. Adapuan fokus dan ruang lingkup tersebut diantaranya adalah: Penelitian Pendidikan Dasar ...