caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar
Vol. 5 No. 1 (2025): Juni 2025

IMPLEMENTASI PENDEKATAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJA SAMA SISWA SEKOLAH DASAR

Yanti, Erni (Unknown)
Adiansha, Adi Apriadi (Unknown)
Nandita, Nur (Unknown)
Hardianty, Ruri (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini mengimplementasikan pendekatan Project-Based Learning untuk meningkatkan kemampuan kerja sama siswa kelas 6 SDN Rabakodo. Kemampuan kerja sama sangat penting di sekolah dasar karena mendukung keberhasilan belajar dan interaksi sosial. Metode kualitatif digunakan dengan melibatkan 20 siswa dari berbagai latar belakang. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi aktivitas selama proses pembelajaran berbasis proyek. Analisis data deskriptif mengungkap perubahan dalam aspek komunikasi, koordinasi, pembagian tugas, dan penyelesaian masalah dalam kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Project-Based Learning secara signifikan meningkatkan interaksi positif antar siswa, memperkuat sikap saling menghargai, dan meningkatkan kemampuan bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Kesimpulan ini menyimpulkan bahwa Project-Based Learning efektif untuk mengembangkan kerja sama siswa sekaligus memberikan kontribusi pada pengembangan model pembelajaran yang lebih kolaboratif dan aplikatif di sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

caxra

Publisher

Subject

Education Environmental Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Artikel di caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar IPI Garut harus mengikuti fokus dan ruang lingkup jurnal ini. Fokus dan ruang lingkup jurnal ini dimaksudkan agar artikel tersaji sesuai bidang keahliannya. Adapuan fokus dan ruang lingkup tersebut diantaranya adalah: Penelitian Pendidikan Dasar ...