caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar
Vol. 5 No. 1 (2025): Juni 2025

ANALISIS PERAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM MENCAPAI SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGS) PADA CALON GURU SEKOLAH DASAR

Marlinda, Sherly (Unknown)
Mahmud Yunus (Unknown)
Atikah Atsfa Sari (Unknown)
Silaban, Jonatan (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini membahas peran pendidikan multikultural dalam mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), khususnya tujuan keempat tentang pendidikan berkualitas. Melalui pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini mengeksplorasi pemahaman dan kesiapan calon guru sekolah dasar dalam mengintegrasikan nilai-nilai keberagaman, inklusivitas, dan keberlanjutan ke dalam proses pembelajaran. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen, melibatkan 12 responden dari berbagai kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan multikultural dianggap penting dalam membentuk karakter siswa yang toleran, inklusif, dan menghargai perbedaan. Para calon guru juga menyadari peran strategis mereka dalam menciptakan lingkungan belajar yang adil dan mendukung SDGs. Meski demikian, tantangan seperti kurangnya pelatihan guru dan kurikulum khusus masih menjadi kendala implementasi. Oleh karena itu, diperlukan upaya sistemik melalui pelatihan, kurikulum berbasis keberagaman, dan kebijakan pendidikan yang mendukung praktik inklusif di sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

caxra

Publisher

Subject

Education Environmental Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Artikel di caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar IPI Garut harus mengikuti fokus dan ruang lingkup jurnal ini. Fokus dan ruang lingkup jurnal ini dimaksudkan agar artikel tersaji sesuai bidang keahliannya. Adapuan fokus dan ruang lingkup tersebut diantaranya adalah: Penelitian Pendidikan Dasar ...