caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar
Vol. 5 No. 1 (2025): Juni 2025

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MELALUI METODE DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPAS DI SEKOLAH DASAR

Syahirah, Wulan (Unknown)
Kaso, Nurdin (Unknown)
Bungawati (Unknown)
Kartini (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui metode Discovery Learning dalam pembelajaran IPAS pada materi hidup bersama alam di kelas III MIS 09 Bajo. Tujuan khusus penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa serta menganalisis efektivitas penerapan Discovery Learning dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan metode campuran kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah 20 siswa kelas III. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil menunjukkan peningkatan skor berpikir kritis dari 59,5 pada prasiklus menjadi 69,5 pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 80,5 pada siklus II. Dengan demikian, metode pembelajaran penemuan terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa secara bertahap dan signifikan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

caxra

Publisher

Subject

Education Environmental Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Artikel di caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar IPI Garut harus mengikuti fokus dan ruang lingkup jurnal ini. Fokus dan ruang lingkup jurnal ini dimaksudkan agar artikel tersaji sesuai bidang keahliannya. Adapuan fokus dan ruang lingkup tersebut diantaranya adalah: Penelitian Pendidikan Dasar ...