Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh metode GASING (Gampang, Asyik, dan Menyenangkan) terhadap keterampilan berhitung siswa kelas III pada materi pengurangan di SDN 1 Cilangkap. Latar belakangnya adalah rendahnya kemampuan siswa dalam pengurangan serta dominasi metode ceramah yang membuat siswa kurang aktif. Metode GASING dinilai mampu meningkatkan pemahaman melalui pendekatan konkret, abstrak, dan mencongak. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi experimental dan uji Mann-Whitney U. Hasil menunjukkan rata-rata N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,5322 (sedang) dan kontrol 0,1383 (rendah). Nilai Asymp. Sig. 0,017 < 0,05 menunjukkan perbedaan signifikan hasil belajar kedua kelas. Dengan demikian, metode GASING efektif meningkatkan keterampilan berhitung. Penelitian ini merekomendasikan penerapan metode GASING dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025