caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar
Vol. 5 No. 1 (2025): Juni 2025

PENGARUH METODE GASING TERHADAP KETERAMPILAN BERHITUNG PENGURANGAN PADA SISWA KELAS 3 SEKOLAH DASAR

Aulia, Silma Nur (Unknown)
Sidik, Geri Syahril (Unknown)
Febriani, Winarti Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh metode GASING (Gampang, Asyik, dan Menyenangkan) terhadap keterampilan berhitung siswa kelas III pada materi pengurangan di SDN 1 Cilangkap. Latar belakangnya adalah rendahnya kemampuan siswa dalam pengurangan serta dominasi metode ceramah yang membuat siswa kurang aktif. Metode GASING dinilai mampu meningkatkan pemahaman melalui pendekatan konkret, abstrak, dan mencongak. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi experimental dan uji Mann-Whitney U. Hasil menunjukkan rata-rata N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,5322 (sedang) dan kontrol 0,1383 (rendah). Nilai Asymp. Sig. 0,017 < 0,05 menunjukkan perbedaan signifikan hasil belajar kedua kelas. Dengan demikian, metode GASING efektif meningkatkan keterampilan berhitung. Penelitian ini merekomendasikan penerapan metode GASING dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

caxra

Publisher

Subject

Education Environmental Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Artikel di caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar IPI Garut harus mengikuti fokus dan ruang lingkup jurnal ini. Fokus dan ruang lingkup jurnal ini dimaksudkan agar artikel tersaji sesuai bidang keahliannya. Adapuan fokus dan ruang lingkup tersebut diantaranya adalah: Penelitian Pendidikan Dasar ...