caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar
Vol. 5 No. 1 (2025): Juni 2025

ANALISIS MODEL PENDIDIKAN INKLUSI DI SEKOLAH LUAR BIASA KARYA BAKTI UJUNG BATU

Lestari, Melya (Unknown)
Asmi Nasution (Unknown)
Fauziah, Fatika Nuril (Unknown)
Maylani, Wika (Unknown)
Sari, Nauli Tama (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis model pendidikan inklusi di SLB Karya Bakti Ujung Batu, meliputi pendekatan, pelaksanaan, dan evaluasi. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan inklusi berbasis kebutuhan individual diterapkan melalui Program Pembelajaran Individual (PPI) dan metode pembelajaran adaptif. Pelaksanaan inklusi melibatkan kolaborasi guru, penggunaan media visual, dan partisipasi orang tua. Evaluasi dilakukan secara individual dengan menekankan pada kemajuan siswa. Kendala utama meliputi keterbatasan tenaga pendidik, fasilitas, dan pelatihan guru. Meski demikian, sekolah melakukan inovasi seperti pelatihan internal dan pengembangan media pembelajaran sederhana. Studi ini merekomendasikan peningkatan kapasitas guru dan dukungan lintas sektor untuk memperkuat implementasi pendidikan inklusi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

caxra

Publisher

Subject

Education Environmental Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Artikel di caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar IPI Garut harus mengikuti fokus dan ruang lingkup jurnal ini. Fokus dan ruang lingkup jurnal ini dimaksudkan agar artikel tersaji sesuai bidang keahliannya. Adapuan fokus dan ruang lingkup tersebut diantaranya adalah: Penelitian Pendidikan Dasar ...