caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar
Vol. 5 No. 1 (2025): Juni 2025

STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KENAKALAN SISWA KELAS III DI SDN 3 SUKASARI KOTA TASIKMALAYA

Putri, Nova Ramadani (Unknown)
Wakih, Agus Ahmad (Unknown)
Sidik, Geri Syahril (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Kenakalan siswa sekolah dasar dapat mengganggu proses pembelajaran dan pembentukan karakter. Penelitian ini bertujuan menganalisis peran guru dalam menangani kenakalan siswa kelas III di SDN 3 Sukasari Kota Tasikmalaya. Pendekatan kualitatif deskriptif digunakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi satu guru kelas III dan lima siswa. Hasil menunjukkan bahwa kenakalan seperti berkata kasar, mengejek, mencontek, dan membolos dipengaruhi oleh faktor internal (kontrol diri, motivasi) dan eksternal (pola asuh, lingkungan). Guru menerapkan strategi preventif seperti penanaman nilai karakter, serta pendekatan represif berupa pembinaan pribadi dan komunikasi dengan orang tua. Peran guru terbukti penting dalam membentuk perilaku positif siswa. Studi ini merekomendasikan kolaborasi intensif antara guru dan orang tua sebagai langkah efektif dalam pencegahan kenakalan sejak dini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

caxra

Publisher

Subject

Education Environmental Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Artikel di caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar IPI Garut harus mengikuti fokus dan ruang lingkup jurnal ini. Fokus dan ruang lingkup jurnal ini dimaksudkan agar artikel tersaji sesuai bidang keahliannya. Adapuan fokus dan ruang lingkup tersebut diantaranya adalah: Penelitian Pendidikan Dasar ...