Profil Pelajar Pancasila merupakan program pemerintah untuk mengembangkan karakter siswa berbasis nilai-nilai Pancasila, termasuk dimensi gotong royong. Nilai ini penting untuk ditanamkan sejak dini, terutama di jenjang pendidikan dasar. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi Implementasi Dimensi Gotong Royong dalam Profil Pelajar Pancasila pada Pembelajaran IPA di kelas VII A SMPN satu atap 1 Sidamulih. Pendekatan kualitatif deskriptif analitis digunakan untuk memahami fenomena rendahnya sikap gotong royong di kelas tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan dimensi gotong royong, meliputi aspek kolaborasi, kepedulian, dan berbagi, telah berjalan dengan sangat baik. Guru berhasil membimbing siswa dalam bekerja sama, berkomunikasi efektif, serta berbagi tanggung jawab melalui diskusi kelompok. Pendekatan ini terbukti efektif dalam membangun sikap gotong royong melalui pembentukan kelompok heterogen. Hasil penelitian memberikan panduan praktis bagi guru untuk mengintegrasikan nilai-nilai gotong royong dalam pembelajaran berbasis karakter. Temuan ini menjadi landasan untuk memperkuat internalisasi nilai gotong royong di kalangan siswa, baik dalam pendidikan maupun kehidupan sehari-hari.
Copyrights © 2025