Jurnal Metaedukasi : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Vol 7, No 1 (2025): Metaedukasi

Eksplorasi Implementasi Dimensi Gotong Royong dalam Profil Pelajar Pancasila pada Pembelajaran IPA di Sekolah Menengah Pertama

Sendi, Sendi (Unknown)
Hernawati, Diana (Unknown)
Aradea, Aradea (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2025

Abstract

Profil Pelajar Pancasila merupakan program pemerintah untuk mengembangkan karakter siswa berbasis nilai-nilai Pancasila, termasuk dimensi gotong royong. Nilai ini penting untuk ditanamkan sejak dini, terutama di jenjang pendidikan dasar. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi Implementasi Dimensi Gotong Royong dalam Profil Pelajar Pancasila pada Pembelajaran IPA di kelas VII A SMPN satu atap 1 Sidamulih. Pendekatan kualitatif deskriptif analitis digunakan untuk memahami fenomena rendahnya sikap gotong royong di kelas tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan dimensi gotong royong, meliputi aspek kolaborasi, kepedulian, dan berbagi, telah berjalan dengan sangat baik. Guru berhasil membimbing siswa dalam bekerja sama, berkomunikasi efektif, serta berbagi tanggung jawab melalui diskusi kelompok. Pendekatan ini terbukti efektif dalam membangun sikap gotong royong melalui pembentukan kelompok heterogen. Hasil penelitian memberikan panduan praktis bagi guru untuk mengintegrasikan nilai-nilai gotong royong dalam pembelajaran berbasis karakter. Temuan ini menjadi landasan untuk memperkuat internalisasi nilai gotong royong di kalangan siswa, baik dalam pendidikan maupun kehidupan sehari-hari.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

metaedukasi

Publisher

Subject

Education Transportation Other

Description

Metaedukasi mempublikasikan hasil penelitian pendidikan mencakup Evaluasi Pembelajaran, Model Pembelajaran dan Media ...