Penelitian ini berfokus pada upaya mengevaluasi pelaksanaan program pendidikan karakter di Sekolah Dasar Negeri. Pendidikan karakter dipandang sebagai fondasi penting dalam membentuk kepribadian siswa agar tumbuh menjadi individu yang berakhlak baik, bertanggung jawab, serta memiliki integritas. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan data dikumpulkan melalui observasi langsung, wawancara mendalam dengan guru dan kepala sekolah, serta telaah dokumen terkait. Temuan menunjukkan bahwa nilai-nilai karakter telah banyak diintegrasikan dalam proses pembelajaran dan berbagai kegiatan sekolah. Meski demikian, pelaksanaannya masih menghadapi sejumlah tantangan, seperti keterbatasan pelatihan bagi guru, kurangnya fasilitas pendukung, serta belum konsistennya penerapan nilai-nilai karakter dalam keseharian siswa di lingkungan sekolah. Berdasarkan hasil evaluasi ini, disarankan adanya peningkatan kapasitas guru melalui pelatihan, dukungan kebijakan yang lebih kuat, serta peran aktif orang tua untuk memperkuat keberhasilan program pendidikan karakter di tingkat sekolah dasar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025