PEMA: Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 5 No. 2 (2025)

Upaya Meningkatkan Partisipasi Aktif Siswa dalam Pelajaran Fikih Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based Learning)

Ervina, Ervina (Unknown)
Rahmah, Barokah (Unknown)
Yuliyana, Irma (Unknown)
Pratiwi, Nabila (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini mengkaji upaya meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam pelajaran fikih melalui pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning/PjBL) dalam konteks pendidikan formal, serta menilai efektivitasnya dalam mendorong keterlibatan dan pemahaman siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi sejauh mana strategi ini mampu meningkatkan partisipasi aktif siswa serta mengidentifikasi kelebihan dan tantangan yang dihadapi selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis proyek efektif dalam meningkatkan keterlibatan siswa, memperkuat pemahaman konsep fikih, dan mengembangkan keterampilan kolaboratif serta tanggung jawab individu. Namun, tantangan muncul terkait pengelolaan waktu dan kesiapan guru dalam merancang proyek yang sesuai dengan kompetensi dasar. Penelitian ini merekomendasikan penerapan PjBL secara berkelanjutan dan integratif dengan metode pembelajaran lain guna menciptakan pengalaman belajar yang lebih bermakna dan partisipatif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pema

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

PEMA: Jurnal Pendidikan dan Pengabdian kepada Masyarakat Aim and focus scope journal 1. Education 1. Community service and Digital Technology in ...