Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar digital berbasis case method pada mata kuliah Bermain untuk Anak Usia Dini serta menguji aspek validitas, reliabilitas, dan kepraktisannya dalam mendukung proses pembelajaran mahasiswa. Penggunaan metode Research and Development (R&D) dengan model Borg & Gall yang dimodifikasi menjadi pendekatan utama dalam tahapan pengembangan produk. Tahapan tersebut mencakup studi pendahuluan, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba terbatas, revisi, hingga uji coba pemakaian. Hasil validasi oleh ahli menunjukkan bahwa bahan ajar memiliki tingkat validitas yang tinggi dengan nilai Aiken's V sebesar 0,78, yang dikategorikan valid. Selain itu, uji reliabilitas menghasilkan nilai Intraclass Correlation Coefficient (ICC) sebesar 0,630, yang menunjukkan konsistensi antarpenilai berada pada kategori reliabel. Uji kepraktisan yang dilakukan terhadap mahasiswa PG-PAUD menunjukkan rerata skor sebesar 3,48, yang termasuk dalam kategori baik. Hasil tersebut menunjukkan bahwa bahan ajar digital yang dikembangkan tidak hanya layak digunakan dalam proses pembelajaran, tetapi juga efektif dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menganalisis permasalahan melalui pendekatan pembelajaran yang kontekstual dan bermakna, sesuai dengan tuntutan kompetensi abad 21 dalam pendidikan anak usia dini.
Copyrights © 2025