Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF)
Vol. 6 No. 1 (2025): April

Meningkatkan Hasil Belajar dan Perilaku Pro-Lingkungan Siswa melalui Implementasi Bahan Ajar pada Materi Pemanasan Global

Khatima, Huscnul (Unknown)
Syam, Muliati (Unknown)
Efwinda, Shelly (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Permasalahan di lingkungan sekolah salah satunya adalah kurangnya informasi untuk meningkatkan perilaku peduli lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan perilaku peserta didik kelas X SMA Negeri 8 Samarinda setelah penerapan bahan ajar berbasis pro-lingkungan. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode one group pretest-posttest design. Sampel berjumlah 34 peserta didik yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui tes (pilihan ganda dan esai) serta kuesioner perilaku pro-lingkungan pada materi pemanasan global. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar meningkat dari 38,87 (pretest) menjadi 78,68 (posttest) dengan N-Gain sebesar 0,64 (kategori sedang). Perilaku pro-lingkungan juga mengalami peningkatan dari 75,32% menjadi 83,53% dengan N-Gain sebesar 0,33 (kategori sedang). Dengan demikian, penerapan bahan ajar berbasis pro-lingkungan efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan perilaku peserta didik kelas X SMA Negeri 8 Samarinda.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JLPF

Publisher

Subject

Education Physics Social Sciences

Description

Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF) is devoted to short communications, full-length research papers, and feature articles on studies or literature reviews in science education, especially physics education. This journal intended to be the media in spreading and communicating technological ...