Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF)
Vol. 6 No. 1 (2025): April

Pengaruh Model Problem-Based-Learning Berbantuan E-Modul terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Asam Basa

Sari, Nur Indah (Unknown)
Ahmad, Fandi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Reformasi pendidikan Abad 21 dilakukan melalui berbagai kajian, baik aspek konten maupun pedagogik, dengan menggunakan standar baru yang lebih bermakna, otentik, dan kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Problem Based Learning berbantuan e-modul terhadap hasil belajar peserta didik pada materi Asam Basa kelas XI Salah satu SMK Farmasi Yamasi Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain Non-equivalent Control Group. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI pada semester genap Tahun Pelajaran 2023/2024. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan terpilih Kelas XI A berjumlah 26 peserta didik sebagai kelas eksperimen, serta kelas XI B berjumlah 26 peserta didik sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data melalui pemberian tes hasil belajar kognitif. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata kelas ekperimen pada pre-test dan postes berturut-turut 77,73 dengan kategori tinggi dan 81,42 dengan kategori sangat tinggi. Sedangkan skor rata-rata kelas kontrol pada pre-test dan postes berturut-turut 77,23 dengan kategori tinggi dan 81,35 dengan kategori sangat tinggi. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan taraf signifikansi < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima, yang artinya terdapat pengaruh Model PBL berbantuan e-modul terhadap hasil belajar. Kombinasi model dan media pembelajaran dapat dijadikan sebagai alternatif dalam meningkatkan keterlibatan peserta didik dan retensi pengetahuan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JLPF

Publisher

Subject

Education Physics Social Sciences

Description

Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF) is devoted to short communications, full-length research papers, and feature articles on studies or literature reviews in science education, especially physics education. This journal intended to be the media in spreading and communicating technological ...