Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran Etika Profesi. Melalui pengembangan handout digital berbasis flipbook, penelitian ini berupaya menghadirkan media pembelajaran yang lebih menarik, interaktif, dan relevan dengan kebutuhan siswa. Dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development / R&D) model ADDIE, peneliti mengidentifikasi masalah rendahnya minat siswa dan merancang materi yang interaktif dan relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan handout digital berbasis flipbook dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, meningkatkan pemahaman konsep, serta mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif. Selain itu, flipbook juga dinilai efektif dalam memfasilitasi pembelajaran mandiri dan meningkatkan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menegaskan pentingnya inovasi dalam pendidikan untuk mencapai hasil yang lebih baik. Temuan ini mengindikasikan bahwa handout digital berbasis flipbook memiliki potensi yang besar untuk dijadikan sebagai alternatif media pembelajaran yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran Etika Profesi.
Copyrights © 2025