SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 3 No. 1 (2025): SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran

Desain Media Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran PPKn Berbasis Sistem Informasi di SMPIT Insan Utama 2

Sari, Diaz (Unknown)
Ma'aruf, Dimas (Unknown)
Harahap, Muhammad Jamil Ikhsan (Unknown)
Saputra, Andre (Unknown)
Mustaqim, Adnan (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Pembelajaran Pendidikan Pancasila di sekolah umumnya masih berlangsung secara konvensional, dengan pendekatan satu arah yang kurang melibatkan siswa secara aktif. Hal ini menyebabkan siswa kesulitan memahami nilai-nilai Pancasila secara nyata dalam kehidupan mereka, terlebih di era digital saat ini. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis sistem informasi yang disesuaikan dengan karakteristik dan gaya belajar siswa agar nilai-nilai Pancasila dapat disampaikan dengan lebih menarik dan bermakna. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui studi literatur, observasi, dan wawancara. Subjek penelitian melibatkan guru dan siswa kelas VIII di SMPIT Insan Utama 2 Pekanbaru. Media yang dirancang memuat fitur seperti materi visual, kuis interaktif, tujuan pembelajaran, informasi umum, dan profil sekolah. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan media interaktif mampu meningkatkan partisipasi siswa dan membantu mereka memahami isi materi secara lebih efektif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran berbasis sistem informasi berpotensi menjadi alternatif strategis untuk menjawab kebutuhan belajar siswa sekaligus memperkuat pemahaman terhadap nilai-nilai Pancasila.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

sibernetik

Publisher

Subject

Education Other

Description

Fokus dan ruang lingkup SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran terkait dengan isu-isu yang relevan dalam bidang pendidikan dan pembelajaran untuk semua jenjang pendidikan yang meliputi: Teori pendidikan dan pembelajaran, Filosofi pendidikan dan pembelajaran, Teknologi pendidikan dan ...