JURNAL PARADIGMA: Journal of Sociology Research and Education
Vol. 6 No. 1 (2025): (JUNI 2025) JURNAL PARADIGMA: Journal of Sociology Research and Education

Behavior Intention dan Use Behavior Penggunaan QRIS Pada Restoran di Garut: Pendekatan Model UTAUT 2

Meisi Martini (Unknown)
Rohimat Nurhasan (Unknown)
Deri Alan Kurniawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2025

Abstract

Kemajuan teknologi dan pertumbuhan ekonomi digital mendorong restoran di Indonesia, khususnya di Garut, untuk mengadopsi sistem pembayaran digital seperti QRIS. Meskipun implementasi QRIS menawarkan berbagai manfaat seperti efisiensi transaksi dan keamanan finansial, penggunaannya masih menghadapi tantangan seperti infrastruktur yang belum optimal dan risiko penipuan digital. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi behavior intention dan use behavior terhadap penggunaan QRIS oleh restoran di Garut melalui penerapan model UTAUT2 (unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2). Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif asosiatif dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden yang ditentukan menggunakan skala likert dan dianalisis menggunakan metode Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa performance expectancy dan behavioral intention berpengaruh terhadap use behavior, sementara facilitating condition hanya berpengaruh terhadap use behavior, namun, tidak terhadap behavior intention. Sebaliknya, variabel effort expectancy, social influence, hedonic motivation, dan habit tidak menunjukkan pengaruh terhadap behavior intention. Temuan ini menekankan pentingnya peningkatan infrastruktur, edukasi digital, serta pemahaman praktis terhadap manfaat QRIS sebagai strategi adopsi teknologi yang lebih efektif bagi sektor restoran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

paradigma

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

We welcome research articles, theoretical, policy reviews, or methodological reviews, to be submitted to our journals within the following research areas: Learning, Teaching and Educational Development Social Change, Cultural, and Community Development Rural and Urban Ecological Societies Family, ...