Artikel ini bertujuan untuk menganalisis implementasi sequential model dalam pembimbingan tugas akhir di PTKI, dengan studi kasus di UIN Sunan Ampel Surabaya serta siginifikansi implementasi pelaksanaannya. Untuk menjawab tujuan di atas, metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan sequential model telah memberikan dampak positif terhadap proses pembimbingan tugas akhir mahasiswa, khususnya dalam hal integrasi teknologi, penguatan pemahaman mahasiswa, dan peningkatan kolaborasi antara dosen dan mahasiswa. Namun, terdapat beberapa tantangan yang dihadapi, seperti keterbatasan infrastruktur dan kebutuhan peningkatan kapasitas SDM. Implementasi sequential model di UIN Sunan Ampel Surabaya dibantu dengan SIM Akademik UIN Sunan Ampel Surabaya (SINAU). Sequential model memiliki signifikansi besar untuk diterapkan secara lebih luas sebagai strategi bantuan pendidikan yang relevan di era Revolusi Industri 4.0.
Copyrights © 2024