Nida Nitura. (2025). Persepsi Mahasiswa PKK Terhadap Penggunaan E-book Dalam Pembelajaran Mata Kualiah Apresiasi Menghias Kain.[Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Dr. Fadhilah, M.Pd dan Laili Suhairi, S.Pd.,M.Si.kemajuan teknologi digital telah membawa perubahan besar dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam dunia pendidikan. Perkembangan ini mendorong munculnya berbagai inovasi pembelajaran, salah satunya adalah pemanfaatan e-book sebagai media pembelajaran digital. E-book dinilai sebagai salah satu solusi praktis yang dapat mendukung proses pembelajaran mandiri karena memberikan kemudahan akses terhadap informasi kapan saja dan dimana saja. Dalam konteks pendidikan vokasional, seperti pada program studi Tata Busana, e-book digunakan untuk menunjang mata kuliah praktik seperti Apresiasi Menghias Kain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap penggunaan e-book sebagai bahan ajar, serta mengidentifikasi tantangan yang mereka hadapi selama proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari delapan mahasiswa jurusan tata busana departenmen Pendidikan Kesejahteraan Keluarga yang telah menyelesaikan mata kuliah Apresiasi Menghias Kain, dan dipilih melalui teknik purposive sampling dengan kriteria tertentu. Teknik analisis data yang digunakan meliputi proses reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa pada umumnya menganggap e-book sebagai media yang praktis dan efisien untuk belajar, terutama karena adanya fitur seperti ilustrasi dan panduan langkah demi langkah yang mempermudah pemahaman teknik menghias kain. Namun demikian, terdapat beberapa kendala yang sering dihadapi mahasiswa, seperti kualitas gambar yang kurang jelas, keterbatasan akses terhadap materi, serta masalah teknis seperti koneksi internet yang tidak stabil. Selain itu, mahasiswa merasa kesulitan memahami teknik-teknik kompleks tanpa adanya demonstrasi langsung dari dosen atau dukungan media visual yang lebih interaktif seperti video. Berdasarkan temuan tersebut, disarankan agar kualitas gambar dalam e-book diperbaiki dan materi e-book dikembangkan menjadi lebih interaktif serta mudah diakses oleh mahasiswa. Selain itu, peningkatan dukungan teknis dan aksesibilitas juga penting, berserta pemanfaatan media tambahan seperti video atau tutorial interaktif untuk membantu mahasiswa dalam memahami teknik menghias kain.Kata kunci: E-book, Pembelajaran, Apresiasi Menghias Kain, Mahasiswa PKK.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025