Salah satu aspek penting dalam Kurikulum Merdeka adalah bagaimana mengimplementasikan Kurikulum Merdeka kepada peserta didik. Kurikulum Merdeka adalah sebuah konsep pendidikan yang diperkenalkan oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi. Konsep ini bertujuan untuk mendorong peserta didik dalam mengatur dan mengelola proses belajar mereka sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 25 Sijunjung. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dan wakil kepala sekolah bidang kurikulum. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 25 Sijunjung telah berjalan cukup baik. Pada tahap perencanaan, guru telah menyusun modul ajar sesuai prinsip Kurikulum Merdeka. Pada tahap pelaksanaan, pembelajaran berbasis projek dan diferensiasi sudah mulai diterapkan, meskipun masih ada kendala dalam pemanfaatan media pembelajaran. Sedangkan dalam tahap penilaian, guru telah menerapkan asesmen formatif dan sumatif sesuai dengan prinsip Kurikulum Merdeka, meskipun pemahaman terkait teknik asesmen alternatif perlu ditingkatkan. Temuan ini diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi dan pengembangan lebih lanjut dalam implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah.
Copyrights © 2025