Shaut Al-'Arabiyah
Vol 12 No 1 (2024): JURNAL SHAUT AL-'ARABIYAH

Implementasi Pendekatan Pedagogi Genre pada Buku Ajar Bahasa Arab Kelas 9 Madrasah Tsanawiyah Terbitan Kemenag 2020

Nurul Aini (Unknown)
Fahimatul Amrillah (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2024

Abstract

Ketersedian buku yang layak dan sesuai dengan kaidah penyusunan bahan ajar (buku pelajaran) tentu akan membantu kesuksesan penerapan kurikulum terbaru. Apalagi proses pembelajaran dan buku ajar bahasa arab yang diterbitkan oleh Kementrian Agama terkini telah menghadirkan pendekatan pedagogi genre. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi Pendekatan Pedagogi Genre dalam materi buku ajar bahasa arab siswa kelas sembilan Madrasah Tsanawiyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi pustaka. Adapun data kualitatif diperoleh melalui teknik dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan implementasi pedagogi genre belum sempurna. Masih terdapat beberapa pola yang belum disajikan dalam buku ajar ini. Diantaranya, pembahasan jenis teks, struktur teks, dan tujuan sosial dari teks serta penempatan latihan yang kurang tepat

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Shautul-Arabiyah

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Shaut Al-'Arabiyah published twice a year since 2013 (June and December), is a multilingual (Bahasa, Arabic, and English), peer-reviewed journal, and specializes in Arabic Education, Hadits, and Other Arabic Studies. This journal is published by the Arabic Education Department, Faculty of ...