Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesesuaian bahan ajar bahasa Arab dengan kebutuhan pembelajaran dan karakteristik peserta didik dalam rangka meningkatkan efektivitas proses pembelajaran. Dalam konteks pendidikan yang terus berkembang, bahan ajar memiliki peran penting sebagai sarana utama pencapaian kompetensi yang ditargetkan oleh kurikulum. Namun, kenyataan di lapangan menunjukkan masih terdapat ketidaksesuaian antara konten, tingkat kesulitan, dan pendekatan pengajaran dalam bahan ajar dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik. Ketidaksesuaian ini dapat menghambat pencapaian hasil belajar peserta didik secara optimal. Oleh karena itu, analisis terhadap relevansi dan keselarasan bahan ajar menjadi krusial dalam keberhasilan pembelajaran bahasa Arab. Jenis penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan library research untuk menelaah literatur dan temuan sebelumnya yang berkaitan dengan desain dan penerapan bahan ajar bahasa Arab. hasil kajian menunjukkan bahwa bahan ajar yang disusun berdasarkan analisis kebutuhan dan karakteristik peserta didik, pendekatan komunikatif, serta mempertimbangkan konteks sosial dan budaya lebih efektif dalam meningkatkan motivasi, partisipasi, dan kompetensi berbahasa serta dapat mencapai tujuan kurikulum secara optomal.
Copyrights © 2025