Program tahfidz Al-Qur’an merupakan salah satu pengembangan program yang dilakukan oleh sekolah untuk mendukung penanaman karakter islami pada anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan program tahfidz Al-Qur’an anak usia dini di PAUD IK Nurul Quran Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian adalah satu orang koordinator program tahfidz Al-Qur’an, satu orang guru tahfidz Al-Qur’an, dan satu orang kepala sekolah. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dilakukan melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan program tahfidz Al-Qur’an di PAUD IK Nurul Quran dilakukan melalui 4 tahap. Pertama, perencanaan program tahfidz Al-Qur’an anak usia dini. Kedua, pengorganisasian program tahfidz Al-Qur’an anak usia dini. Ketiga, pelaksanaan program tahfidz Al-Qur’an anak usia dini. Keempat, evaluasi program tahfidz Al-Qur’an anak usia dini.AbstractThe tahfidz Al-Qur’an program is one of the program developments carried out by the school to support the installation of islamic character in early childhood. This research aims to examine the development of early childhood tahfidz Al-Qur’an program at PAUD IK Nurul Quran Aceh Besar. This research used a qualitative approach with a descriptive method. The research subjects were one coordinator of the tahfidz Al-Qur’an program, one tahfidz Al-Qur’an teacher, and one Headmaster. Data collection techniques through observation and interviews. The data analysis technique was conducted in three stages: data reduction, data presentation, and conclusion. The research result show that the development of tahfidz Al-Qur’an program at PAUD IK Nurul Quran was carried out through 4 stages. First, planning for the early childhood tahfidz Al-Qur’an program. Second, organizing the early childhood tahfidz Al-Qur’an program. Third, implementation of the early childhood tahfidz Al-Qur’an program. Fourth, evaluation of the early childhood tahfidz Al-Qur’an program.
Copyrights © 2025