Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan aplikasi “Virtual” sebagai media pembelajaran alat bantu pendaratan visual berbasis virtual reality. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuesioner, dan instrumen yang melibatkan beberapa reviewer, yaitu: tiga orang ahli media, tiga orang ahli materi, dan 24 orang mahasiswa angkatan ke-4 program studi Teknik Listrik Bandara Politeknik Penerbangan Jayapura. Menggunakan teknik analisis data kuantitatif sesuai dengan standar ISO 25010. Hasil dari penelitian ini adalah aspek media sebesar 4,29 (Sangat Layak), aspek materi sebesar 100% (valid), aspek functional suitability sebesar 100% (sangat layak), aspek compatibility sebesar 100% (sangat layak), dan aspek usability sebesar 82,72% (sangat layak).
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025