Pendampingan membaca Al-Qur'an di TPA Darul Rahman Palangka Raya merupakan upaya penting dalam pendidikan karakter anak-anak di Indonesia, yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk memahami kondisi awal kemampuan membaca Al-Qur'an anak-anak serta mengenali tantangan yang dihadapi dalam proses pembelajaran di TPA Darul Rahman Palangka Raya. Program pendampingan dilaksanakan menggunakan metode Service Learning. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah evaluasi hasil pembelajaran melalui penilaian individu setelah setiap sesi. Anak-anak dinilai berdasarkan kemampuan membaca Al-Qur'an, dengan kategori nilai yang jelas untuk menentukan kemajuan mereka. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan kemampuan membaca Al-Qur'an di kalangan peserta. Proses pembelajaran dilakukan secara individual, di mana anak-anak diajarkan membaca Al-Qur'an dengan metode tilawati. Evaluasi dilakukan setelah pembelajaran, dan anak-anak yang mendapatkan nilai baik tidak perlu mengulang, sementara yang kurang akan mengikuti pengulangan. Kegiatan ini berhasil membangun motivasi dan semangat anak-anak dalam mempelajari Al-Qur'an, serta memberikan dampak positif terhadap pembentukan karakter mereka.
Copyrights © 2025