Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang Model Pengelolaan Pendidikan Islam Non Formal “Bengkel Ngaji” Sebagai Alternatif Penguatan Nilai-Nilai Keagamaan Remaja di Desa Sumber Makmur Kecamatan Muara Padang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif, dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui pengumpulan data, penyajian data, verifikasi serta penarikan kesimpulan. Untuk memeriksa keabsahan data, penelitian ini menggunakan triangulasi, yang terdiri dari triangulasi waktu, triangulasi metode dan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil dan pembahasan bahwa Model Pengelolaan Pendidikan Islam Non Formal “Bengkel Ngaji” Sebagai Alternatif Penguatan Nilai-Nilai Keagamaan Remaja di Desa Sumber Makmur sudah dijalankan dengan baik. Model pengelolaan pendidikan Islam nonformal Bengkel Ngaji di Desa Sumber Makmur berfungsi sebagai alternatif yang efektif dalam memperkuat nilai-nilai keagamaan pada remaja. Program ini dirancang untuk mengatasi tantangan modernisasi dan degradasi moral melalui pendekatan yang relevan dengan kebutuhan dan karakteristik remaja. Dengan metode pembelajaran yang fleksibel, interaktif, dan berbasis komunitas, Bengkel Ngaji berhasil meningkatkan pemahaman agama, membentuk karakter Islami, serta menciptakan lingkungan pembelajaran yang inklusif. Program ini juga menunjukkan pentingnya kolaborasi antara masyarakat, tokoh agama, dan orang tua dalam membangun fondasi moral dan spiritual generasi muda. Model pengelolaan Bengkel Ngaji dijalankan untuk meningkatkan nilai-nilai agama di kalangan remaja melalui pendekatan pembelajaran yang fleksibel dan kontekstual, pendekatan pembelajaran yang interaktif, penggunaan metode mengajar yang variatif dan kreatif, pendekatan pembelajaran yang berbasis komunitas dan pendekatan yang bersifat inklusif.
Copyrights © 2024