Wistara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra
Vol 6 No 1 (2025): Vol. 6, No.1, Mei 2025

PENERAPAN APRESIASI RESEPTIF,PENDEKATAN DIDAKTIS,EMOTIF DAN ANALITIS TERHADAP SASTRA ANAK

Tamala, Rika (Unknown)
Dewi , Rusmala (Unknown)
Ashari Hamzah, Rahmah (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 May 2025

Abstract

Apresiasi sastra reseptif dalam konteks sastra anak, dengan fokus pada penerapan tiga pendekatan utama: emotif, didaktis, dan analitis. Apresiasi sastra reseptif mengacu pada proses pemaknaan karya sastra oleh pembaca, khususnya anak-anak, yang dapat mempengaruhi perkembangan emosi, moral, dan intelektual mereka. Pendekatan emotif berorientasi pada penguatan respons emosional anak terhadap cerita, pendekatan didaktis menekankan pada nilai-nilai pendidikan dan karakter, sementara pendekatan analitis mendorong anak untuk memahami unsur-unsur intrinsik karya secara lebih mendalam. Ketiga pendekatan ini saling melengkapi dalam membangun pemahaman yang utuh terhadap karya sastra anak. Penulisan ini bertujuan untuk memberikan panduan kepada pendidik dan orang tua dalam mengembangkan literasi sastra anak secara lebih efektif, serta membentuk generasi pembaca yang kritis, empatik, dan berkarakter.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

wistara

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Wistara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, berisi artikel dan/atau laporan hasil penelitian, kajian (teori maupun aplikasi), dan bahasan kepustakaan berkaitan dengan bidang bahasa, sastra, serta ...