Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal)
Vol. 6 No. 2 (2025): May

Analisis Penanaman Nilai-Nilai Kearifan Lokal Suku Sasak Untuk Mendukung Penguatan Profil Pelajar Pancasila Siswa Sekolah Dasar Kota Mataram

Tahir, Muhammad (Unknown)
Sobri, Muhammad (Unknown)
Novitasari, Setiani (Unknown)
Fauzi, Asri (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji serta untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang penanaman nilai-nilai kearifan lokal Sasak dalam mendukung penguatan Profil Pelajar Pancasila di sekolah dasar Kota Mataram serta memberikan kontribusi dalam perbaikan pendidikan yang lebih inklusif dan kaya akan nilai-nilai lokal. Untuk mencapai tujuan tersebut menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Jenis penelitian ini dipilih karena penelitian ini bukan bertujuan menguji hipotesis tetapi bertujuan untuk memperoleh pemahaman dan penafsiran secara mendalam terhadap suatu data. Berdasarkan tujuan penelitian yang tercantum pada maka pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. adapun data yang sudah terkumpul dianalisis melalui tiga tahap antara lain: reduksi, Penyajian data/data display, dan Verifikasi Kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: 1) nilai-nilai kearifan lokal sasak yang mendukung penguatan profil pelajar Pancasila di sekolah dasar kota Mataram terdiri dari 4 nilai, antara lain: gotong royong, toleransi, mandiri, dan kreatif. 2) implementasi nilai-nilai kearifan lokal sasak yang mendukung penguatan profil pelajar pancasila di sekolah dasar kota Mataram mencakup beberapa hal, yaitu: nilai-nilai kearifan lokal sasak diintegrasikan dalam kegiatan pembelajaran; nilai-nilai kearifan lokal sasak dipelajari dalam bentuk pelajaran muatan lokal; dan nilai-nilai kearifan lokal sasak dikembangkan dalam kegiatan sabtu budaya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

GeoScienceEdu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Chemistry Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceEd Journal): |e-ISSN: 2723-2913, p-ISSN: 2723-2905| diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun (Peride Juni dan Desember) dan dimulai pada bulan Juni 2020 oleh Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram. Artikel dapat diterima ...