Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal)
Vol. 6 No. 2 (2025): May

Pemanfaatan Quizziz Mode Kertas Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 6 SDN 44 Mataram

Diana, Diana Sukandi (Unknown)
A.A Sukarso (Unknown)
Mohamad Junaidi Wirawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika di SDN 44 Mataram Kelas 6 yang berjumlah 17 orang melalui penerapan Quizziz mode kertas. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Setiap siklus mencakup tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pada pra-siklus, hasil belajar siswa menunjukkan rata-rata ketuntasan sebesar 60%, yang mengindikasikan rendahnya pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan. Intervensi pertama dilakukan pada siklus I dengan mengintegrasikan Quizziz mode kertas sebagai media pembelajaran. Hasil menunjukkan adanya peningkatan persentase ketuntasan hingga mencapai 76%. Pada siklus II, setelah dilakukan beberapa perbaikan dalam penerapan media pembelajaran, hasil belajar siswa meningkat lebih signifikan, mencapai persentase ketuntasan sebesar 90%. Hasil penelitian ini memberikan bukti bahwa Quizziz mode kertas mampu menciptakan suasana pembelajaran yang lebih menarik dan menyenangkan. Media ini tidak hanya memfasilitasi siswa dalam memahami konsep-konsep Matematika secara lebih baik, tetapi juga mendorong mereka untuk lebih aktif terlibat dalam proses pembelajaran. Dalam penerapannya, siswa diajak untuk berpartisipasi secara individu maupun kelompok, yang secara tidak langsung meningkatkan keterampilan sosial dan kerja sama mereka. Selain itu, pendekatan ini memberikan fleksibilitas kepada guru dalam menyampaikan materi, sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik siswa.  Keberhasilan ini tidak lepas dari beberapa faktor pendukung. Pertama, Quizziz mode kertas dirancang untuk menyediakan soal-soal yang variatif dan menantang, yang membantu siswa memahami materi dengan cara yang lebih menarik. Kedua, suasana kompetitif yang sehat tercipta melalui pemberian skor dan evaluasi hasil kerja siswa secara transparan, yang memotivasi mereka untuk berusaha lebih baik. Ketiga, metode ini mampu mengakomodasi berbagai gaya belajar siswa, baik visual, auditori, maupun kinestetik, sehingga pembelajaran menjadi lebih inklusif

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

GeoScienceEdu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Chemistry Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceEd Journal): |e-ISSN: 2723-2913, p-ISSN: 2723-2905| diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun (Peride Juni dan Desember) dan dimulai pada bulan Juni 2020 oleh Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram. Artikel dapat diterima ...