Terdapat berbagai permasalahan dalam proses pembelajaran, seperti keterbatasan kemampuan membaca dan menulis, rendahnya disiplin siswa, serta kurangnya kepercayaan diri dalam berbicara. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor penyebab permasalahan tersebut serta mengeksplorasi alternatif solusi yang dapat diterapkan dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif guna menganalisis permasalahan yang muncul di kelas 4 SD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rendahnya pemahaman membaca pada siswa disebabkan oleh kurangnya latihan soal pemahaman bacaan, sehingga diperlukan teknik membaca pemahaman dan latihan secara rutin. Masalah kedisiplinan muncul akibat kurangnya motivasi dan rasa tanggung jawab siswa, yang dapat diatasi dengan penerapan manajemen kelas yang jelas serta pemberian penghargaan kepada siswa yang disiplin. Sementara itu, kurangnya kepercayaan diri dalam berbicara dipengaruhi oleh rasa takut salah dan lingkungan yang kurang mendukung, sehingga dibutuhkan strategi berbicara dalam kelompok kecil serta pemberian penghargaan untuk membangun kepercayaan diri siswa.
Copyrights © 2025