Kemampuan menulis, membaca, dan menghitung merupakan serangkaian landasan keterampilan yang sangat penting bagi siswa sekolah dasar. Namun, masih banyak ditemukan kesulitan dalam penguasaan ketiga keterampilan tersebut pada berbagai jenjang pendidikan, sKesulitan yang dialami mencakup berbagai aspek, seperti tantangan dalam menulis pada siswa kelas I, kesulitan membaca dan memahami teks pada siswa kelas IV, serta hambatan dalam berhitung pada siswa kelas VI. Faktor-faktor seperti metode pengajaran yang kurang variatif, keterbatasan media pembelajaran, serta perbedaan kemampuan kognitif siswa menjadi penyebab utama dari permasalahan ini. Pada penelitian ini digunakan metode studi literatur guna menganalisis berbagai pendekatan strategi pembelajaran yang dapat diimplementasikan sebagai upaya mengatasi masalah tersebut. Temuan penelitian ini mengindikasikan bahwa dalam penerapan metode multisensori, penggunaan media pembelajaran interaktif, metode eja, teknik diskusi kelompok, serta permainan edukatif dapat mengoptimalkan proses pembelajaran dan motivasi peserta didik. Metode pembelajaran yang lebih inovatif dan interaktif terbukti mampu membantu peningkatan pemahaman siswa terhadap materi yang dipelajari serta mendorong partisipasi siswa dalam proses belajar. Dengan penerapan strategi yang sesuai, diharapkan siswa tidak hanya mengalami peningkatan dalam keterampilan akademik mereka, namun juga memperoleh pengalaman belajar yang lebih menarik dan berkesan.
Copyrights © 2025