Kemampuan menulis merupakan salah satu keterampilan utama yang wajib dikuasai dalam Bahasa Inggris terutama untuk pelajar dan mahasiswa, terutama di era digital yang semakin berkembang. Dengan meningkatnya keamjuan teknologi, mulai dimanfaatkan dalam proses pembelajaran, khususnya dalam membantu pengembangan keterampilan menulis. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengukur kemampuan kecerdasan buatan sebagai peran AI dalam mendukung peningkatan kemampuan menulis bahasa Inggris. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara daring yang disebarkan kepada 35 orang responden melalui google form, yang terdiri dari 32 orang mahasiswa dan 3 orang guru bahasa Inggris. Data yang diperoleh dari penelitian ini memperlihatkan bahwa Sebagian besar responden menerapkan aplikasi AI seperti ChatGPT dan Google Translate secara rutin untuk membantu menyusun tulisan, memperbaiki tata bahasa, dan memperkaya kosakata. AI dinilai sangat membantu dalam memberikan koreksi instan dan umpan balik yang jelas, meskipun terdapat risiko ketergantungan dan menurunnya kemandirian belajar. Dengan demikian, penggunaan AI perlu dilakukan secara bijaksana agar menjadi alat bantu yang mendukung, bukan menggantikan, proses pembelajaran mandiri.
Copyrights © 2025