Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis permasalahan dalam pembelajaran Matematika, Bahasa Inggris, dan keterampilan membaca-menulis permulaan di Sekolah Dasar serta merumuskan strategi interaktif dan berdiferensiasi yang dapat diterapkan. Permasalahan utama yang dihadapi siswa meliputi kesulitan memahami konsep abstrak dalam matematika, rendahnya motivasi berbicara bahasa Inggris karena ketakutan membuat kesalahan, serta lemahnya dasar literasi membaca dan menulis. Penelitian ini menggunakan kajian literatur dan studi analisis deskriptif kualitatif dari berbagai sumber jurnal dan buku sebagai dasar penyusunan solusi pembelajaran yang efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi interaktif seperti penggunaan media manipulatif, permainan kosakata, aplikasi interaktif, serta latihan kelompok kecil efektif meningkatkan motivasi, kepercayaan diri, dan pemahaman siswa. Strategi tersebut sejalan dengan konsep pembelajaran berdiferensiasi yang menyesuaikan gaya belajar dan kebutuhan siswa, sehingga mampu meningkatkan kualitas proses belajar mengajar di sekolah dasar. Kata Kunci: Pembelajaran Interaktif, Diferensiasi, Matematika, Bahasa Inggris, Literasi, Sekolah Dasar
Copyrights © 2025