Menara Ilmu
Vol 19, No 2 (2025): Vol 19 No. 02 APRIL 2025

Peningkatan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa Terapi Wicara Universitas Mercubaktijaya Melalui Teknik Diskusi Pola Piramida

Firdaus, Firdaus (Unknown)
Earnestly, Femi (Unknown)
Sastri, Lena (Unknown)
Christy, Allen (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2025

Abstract

Kemampuan berbicara dalam Bahasa Inggris bagi mahasiswa Terapi Wicara Universitas Mercubaktijaya merupakan bagian yang penting. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat sejauh mana peningkatan kemampuan berbicara bahasa Inggris mahasiswa Terapi Wicara Universitas Mercubaktijaya Lewat Teknik Diskusi Pola Piramida dalam aspek bahasa pemahaman, kelancaran dan pengucapan. Subjek penelitian adalah mahasiswa Universitas Mercubaktijaya pada prodi Speech Therapy sebanyak 30 orang. Penelitian ini dilaksanakan dengan penelitian tindakan kelas yaitu melakukan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pelaksanaan dilakukan dengan dua siklus. Hasil tes pada masing-masing siklus dianalisa dengan deskriptif kuantitatif. Hasil pre-test pada pemahaman, kelancaran dan pengucapan adalah 1,7,1,6 dan 1,77 sedangkan pada hasil post-test siklus I adalah 2,23, 2,47 dan 2,67. Terjadi peningkatan pada post-test siklus II dengan hasil 3,13, 3,33, 3,40.  Peningkatan terjadi dalam pelaksanaan penelitian ini dan membuktikan bahwa teknik diskusi pola piramid memberikan peningkatan kemampuan berbicara mahasiswa Terapi Wicara Universitas Mercubaktijaya Kata Kunci: Berbicara, Mahasiswa Terapi Wicara, Teknik diskusi, Pola Piramida 

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

menarailmu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Education

Description

MENARA ILMU, Merupakan Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah yang Diterbitkan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Penyunting menerima kiriman naskah hasil kajian dan penelitian untuk bidang Eksakta, pendidikan/sosial dan Agama Islam untuk ...