Penelitian dilatar belakangi oleh kenyataan masih rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika kelas VA SD Negeri 52 Panasakkang Kota Maros. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian lebih lanjut mengenai model discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk dapat mengetahui bisa atau tidaknya penerapan model discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika di SD Negeri 52 Panasakkang Kota Maros. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V A SD Negeri 52 Panasakkang Kota Maros. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, tes dan dokumentasi. Tekhnik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar peserta didik, dapat dilihat pada setiap siklus. Peningkatan dari pelaksanaan proses pembelajaran dari aktivitas belajar peserta didik pada siklus I kualifikasi cukup menjadi kualifikasi baik pada siklus II.
Copyrights © 2025