Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara penggunaan smartphone dengan minat baca siswa. Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 80 responden yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan smartphone terhadap minat baca siswa. Hal ini ditunjukkan oleh nilai signifikansi yang diperoleh sebesai 0,165 > 0,01 dan nilai koefisien determinasi yang sangat rendah yaitu 1,2%, dan 98,8% minat baca dipengaruhi oleh faktor lain di luar variabel yang diteliti. Temuan ini menggambarkan bahwa meskipun smartphone merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari siswa, penggunaannya tidak secara langsung menentukan tingkat minat baca mereka. Kesimpulan dari riset ini menekankan bahwa perlunya peran orang tua dan guru dalam membentuk kebiasaan membaca peserta didik, serta pentingnya pengawasan dalam penggunaan smartphone agar tidak mengganggu aktivitas literasi siswa.
Copyrights © 2025