Jurnal Sosiologi Pendidikan Kolaboratif
Vol. 2 No. 1 (2025): Jurnal Sosiologi Pendidikan Kolaboratif

Internalisasi Nilai Ta’dib Dalam Membentuk Karkter Religius Siswa Era Society 5.0

Khoirul Anwar, Fuad (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2025

Abstract

Perkembangan teknologi era Society 5.0 memberikan tantangan bagi institusi pendidikan Indonesia, salah satu adalah degradasi moral di kalangan siswa. Fenomena ini memberikan perhatian khusus karena tidak sesuai dengan nilai-nilai ajaran Islam. Untuk menanamkan dan menumbuhkan sikap seorang siswa yang memiliki akhlak atau karakter sesuai dengan nilai ajaran Islam, maka diperlukan sebuah terobosan dengan menginternalisasikan konsep ta’dib ke dalam instansi pendidikan. Penelitian ini berfokus pada urgensi dan Strategi internalisasi ta’dib dalam proses pendidikan era Society 5.0. guna menanamkan karakter religius pada siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi dengan cara membaca dan menyeleksi dokumen-dokumen yang berkaitan dengan objek penelitian. Teknik analisis data menggunakan jenis analisis isi. Hasil penelitian ini adalah pertama, konsep ta’dib merupakan kata kunci yang digunakan al-Attas sebagai istilah pendidikan yang merujuk pada penggabungan antara ilmu, amal, dan adab dengan tujuan menanamkan dan menumbuhkan adab pada siswa dalam mewujudkan manusia sempurna insan kamil yang sesuai dengan nilai-nilai ajaran Islam. Kedua, internalisasi ta’dib dalam instansi pendidikan dilakukan dengan melalui lingkungan institusi pendidikan yang positif dan memiliki kesadaran nilai-nilai akhlak yang sempurna dan juga didukung oleh komponen pendidikan terutama guru dan tenaga kependidikan yang memiliki sikap baik dalam ber akhlak. Selain itu, internalisasi ta’dib dapat dilakukan melalui pembelajaran pendidikan agama Islam. Strategi internalisasi ta’dib melalui pembelajaran pendidikan agama Islam sangat relevan karena pembelajaran ini memiliki kedudukan penting dalam menanamkan dan pembentukan karakter siswa, serta mengajarkan nilai-nilai ajaran Islam.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JSPK

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Sosiologi Pendidikan Kolaboratif adalah jurnal ilmiah yang berfokus pada eksplorasi dan analisis berbagai isu dan fenomena yang terkait dengan pendidikan dari perspektif sosiologi. Jurnal ini bertujuan untuk menjadi wadah bagi para akademisi, peneliti, praktisi, dan pemangku kepentingan dalam ...