Berwawasan dan berkarakter global merupakan bekal menjadi warga negara global. Karakter tanggung jawab merupakan karakter yang harus dimiliki warga negara global dan dapat dibangun melalui pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Permasalahan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yaitu, belum maksimal menggunakan model inovatif pembelajaran kekinian. Model Pembelajaran Berbasis Inkuiri Global pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan saat ini masih bersifat teoritis, tidak bersifat aplikatif. Pengembangan konten dan instrument sangat dibutuhkan dalam Model Pembelajaran Berbasis Inkuiri Global. Tujuan penelitian, untuk mengetahui efektivitas pengembangan konten dan instrumen model Pembelajaran Berbasis Inkuiri Global dalam membangun karakter tanggung jawab warga negara konteks global. Penelitian dilakukan menggunakan desain quasi eksperimen selama satu semester. Data utama hasil nilai pretes dan postest ditunjang data observasi dan wawancara. Inovasi penelitian terletak pada pengembangan konten dan rubrik penilaian karakter tanggung jawab warga negara konteks global yang terukur melalui digital portfolio, menggabungkan dimensi kognitif, afektif, dan perilaku di mana penerapan model ini menunjukkan peningkatan komitmen mahasiswa terhadap keadilan sosial dengan nilai N-Gan kategori tinggi 0,82. Kesimpulan penelitian yaitu model pembelajaran Berbasis Inkuiri Global efektif dalam membangun karakter tanggung jawab warga negara mahasiswa dalam konteks global.
Copyrights © 2025