Majalah Pembelajaran Geografi
Vol. 7 No. 2 (2024): Majalah Pembelajaran Geografi

Pengaruh Model Pembelajaran Reqol Berbasis Media Realia Terhadap Keterampilan Kolaboratif

Cahyani, Dika Humairah (Unknown)
Kurnianto, Fahmi Arif (Unknown)
Pangastuti, Era Iswara (Unknown)
Apriyanto, Bejo (Unknown)
Astutik, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2024

Abstract

Saat ini pendidikan menghadapi tantangan zaman pengetahuan yang menuntut berbagai keterampilan, salah satu tantangan ini tercermin dalam kurikulum 2013. Pendidikan pada masa kini menekankan pada pendekatan ilmiah yang melibatkan observasi, tanya jawab, penalaran, eksperimen, dan pembentukan jaringan sosial. Model pembelajaran kolaboratif dapat diartikan sebagai pendekatan pembelajaran yang melibatkan kerjasama antar siswa yang menitikberatkan pada gagasan melalui upaya bersama melalui komunikasi yang efektif. Tujuan penelitian ini menganalisis pengaruh model ReQOL (Real Quest Outdoor Learning) terhadap keterampilan kolaboratif siswa SMA. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan jenis kuasi eksperimen menggunakan post-test only control group design. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai keterampilan kolaborasi afektif di kelas eksperimen mencapai 82,93 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sebesar 79,83. Uji hipotesis penelitian menyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima dikarenakan nilai signifikansi 0,009 lebih kecil dari 0,05. Kesimpulan yang dapat ditarik yaitu penggunaan model pembelajaran Real Quest Outdoor Learning (ReQOL) berbasis media realia maket memberikan pengaruh signifikan terhadap keterampilan kolaboratif siswa geografi siswa di MAN 2 Jember.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

PGEO

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Environmental Science

Description

Majalah Pembelajaran Geografi (E-ISSN : 2622-125X) adalah jurnal ilmiah yang mempublikasikan artikel-artikel pada bidang : (1) Pendidikan Geografi, (2) Ilmu Geografi (3) Sistem Informasi Geografis, dan (4) Penginderaan ...