Pembelajaran geografi merupakan ilmu yang sangat penting yang memuat pembelajaran bersifat naturalistic, yang tidak dapat dipisahkan dari bahan ajar, metode dan media yang digunakan dalam penerapannya. Minimnya variasi dalam proses pembelajaran menyebabkan kurangnya ketertarikan siswa dalam mengikuti proses kegiatan pembelajaran. Kurangnya strategi media dan metode pembelajaran yang kreatif dapat berdampak pada kemampuan literasi dan hasil belajar siswa menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh media Crossword Puzzle Game (CPG) terhadap kemampuan literasi dan hasil belajar geografi siswa SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain Post-test Only Control Group Design. Hasil menunjukkan nilai rata-rata Post-test pada kelas eskperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol baik dari segi kemampuan literasi maupun hasil belajar. Analisis kemampuan literasi diukur berdasarkan tiga indikator, yakni Interaksi, Interkoneksi, dan Implikasi. Hasil rata-rata indikator kemampuan literasi menunjukkan nilai tertinggi pada kelas eksperimen yakni indikator interaksi Hasil penelitian yang didapatkan bahwasannya terdapat pengaruh signifikan pada penerapan media Crossword Puzzle Game (CPG) terhadap kemampuan literasi dan hasil belajar geografi pada siswa SMA, dengan hasil uji Independent Sample T-test diperoleh Sig. 0,000 lebih kecil dari 0,05. Kata Kunci: Geografi, Hasil Belajar, Kemampuan Literasi, Media Crossword Puzzle Game
Copyrights © 2025