Dirasatul Ibtidaiyah
Vol 5, No 1 (2025): DIRASATUL IBTIDAIYAH

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V

Dulumina, Sahida H.T (Unknown)
Munirah, Munirah (Unknown)
Napu, Dewi Darmiyani (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini membahas tentang faktor-faktor yang mempengaruhi keaktifan siswa dalam pembelajaran IPA di kelas V SDN 8 Limboto kabupaten Gorontalo. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keaktifan siswa dalam pembelajaran IPA di kelas V SDN 8 Limboto Kabupaten Gorontalo. Metode Penelitian ini menggunakan Jenis Penelitian Kualitatif Deskriptif. Dimana data yang dikumpulkan diperoleh melalui data primer dan sekunder, dengan teknik penggumpulan data yaitu menggunakan teknik observasi dan wawancara serta dokumentasi secara mendalam terhadap informan. Teknik pengelolaan dan analisis data ini menggunakan reduksi data, display data atau penyajian serta mengambil kesimpulan. Pengujian keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi tehnik. Hasil Penelitian ini ialah faktor-faktor yang mempengaruhi keaktifan siswa dalam pembelajaran IPA di kelas V SDN 8 Limboto Kabupaten Gorontalo yaitu terdapat faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal terbagi menjadi faktor fisiologi dan faktor psikologi yang meliputi perhatian, tanggapan, ingatan, minat serta motivasi. Selanjutnya faktor eksternal terbagi menjadi faktor sosial yang meliputi keluarga, guru serta teman sebaya dan faktor non-sosial meliputi ruangan kelas, fasilitas belajar serta media dan metode pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

IBTIDAIYAH

Publisher

Subject

Education

Description

DIRASATUL IBTIDAIYAH adalah jurnal yang berfokus pada studi kritis tentang pendidikan dasar. Menyelidiki dinamika pembelajaran siswa di jenjang pendidikan dasar / madrasah ibtidaiyah (sekolah dasar islam). Selain fokus pada pengembangan pengajaran di pendidikan dasar. Fokus dan ruang lingkup ...