Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra
Vol 8 No 1 Juni 2025

Pengaruh Model Pembelajaran Everyone is A Teacher Here Terhadap Keterampilan Menulis Puisi pada Siswa Kelas IV SD Negeri 09181 Batu IV

Simanjuntak, Bernika (Unknown)
Simanjuntak, Melvin.M (Unknown)
Purba, Nancy Angelia (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Everyone Is A Teacher Here terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas IV SD Negeri 091281 Batu IV. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pre-eksperimental tipe One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV, dengan sampel berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes pretest dan postest. Data di olah dengan mengunakan uji N-Gain, dengan hasil nilai N-Gain skor 0,6566 dengan klasifikasi sedang dan nilai dari N-Gain persen adalah 65,6626 dengan klasifikasi cukup efektif. Pada uji hipotesis (uji-t) diperoleh t-hitung>t-tabel yaitu 11,683>1.717 maka H0 di tolak dan Ha diterima yang menandakan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Everyone Is A Teacher Here terhadap Keterampilan Menulis puisi Siswa Kelas IV SD Negeri 091281 Batu IV T.P. 2024/2025.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

PENDISTRA

Publisher

Subject

Education Other

Description

Terbit dua kali setiap Tahunnya yaitu Periode I Juni dan Periode II Desember . Pendidikan Bahasa Indonesia & Sastra berisi artikel-artikel ilmiah yang meliputi kajian di bidang Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, Metode Pembelajaran, serta penelitian-penelitian lain yang terkait dengan ...