Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 091277 Negeri Siantar Estate. Yang menjadi latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain one-group pretest-posttest. Sampel penelitian terdiri dari 27 siswa kelas V. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Two Stay Two Stray berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia. Nilai rata-rata pretest sebesar 46,11 meningkat menjadi 78,52 pada posttest, dengan persentase ketuntasan belajar meningkat dari 3,71% menjadi 85,19%. Hasil uji hipotesis memperoleh nilai thitung 17.059 > ttabel 2,056 dan signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima. Simpulan penelitian ini adalah model Two Stay Two Stray pada penilitan ini efektif dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 091277 Negeri Siantar Estate.
Copyrights © 2025