Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra
Vol 8 No 1 Juni 2025

Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri 091277 Siantar Estate

Hutagalung, Melinda (Unknown)
Purba, Nancy Angelia (Unknown)
Lumbantobing, Minar Trisnawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 091277 Negeri Siantar Estate. Yang menjadi latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain one-group pretest-posttest. Sampel penelitian terdiri dari 27 siswa kelas V. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Two Stay Two Stray berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia. Nilai rata-rata pretest sebesar 46,11 meningkat menjadi 78,52 pada posttest, dengan persentase ketuntasan belajar meningkat dari 3,71% menjadi 85,19%. Hasil uji hipotesis memperoleh nilai thitung 17.059 > ttabel 2,056 dan signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima. Simpulan penelitian ini adalah model Two Stay Two Stray pada penilitan ini efektif dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 091277 Negeri Siantar Estate.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

PENDISTRA

Publisher

Subject

Education Other

Description

Terbit dua kali setiap Tahunnya yaitu Periode I Juni dan Periode II Desember . Pendidikan Bahasa Indonesia & Sastra berisi artikel-artikel ilmiah yang meliputi kajian di bidang Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, Metode Pembelajaran, serta penelitian-penelitian lain yang terkait dengan ...