Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Pop-Up Book terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di SD Negeri 091608 Sinaksak. Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPAS yang masih didominasi oleh metode ceramah dan kurangnya penggunaan media pembelajaran yang menarik serta kontekstual. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain pre-eksperimen jenis one group pretest-posttest design. Sampel dalam penelitian ini adalah satu kelas dengan jumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes berbentuk soal uraian untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah penggunaan media Pop-Up Book. Analisis data dilakukan melalui uji normalitas dan uji hipotesis menggunakan teknik Paired Sample T-Test.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai Pre-Test dan Post-Test siswa dimana nilai rata-rata Pre-Test yaitu 65,71 dan nilai rata-rata Post-Test yaitu.80,86. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media Pop-Up Book berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPAS. Media ini terbukti efektif dalam menarik minat belajar siswa, membantu pemahaman konsep secara visual, serta mendorong siswa untuk berpikir kritis dan aktif dalam proses pembelajaran.
Copyrights © 2025